Hubungi Kami"... jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, ..." (Rm. 14:8)

7 Hal tentang Kisah Santa Klaus yang perlu Anda Ketahui

86 / 100 SEO Score
kisah santa klaus
ilustrasi


Fokus Hidup
“Pembahasan berikutnya dalam forum tanya jawab ini adalah seputar Santa Claus. Ada beberapa pertanyaan mengenai tokoh ini yang dijawab pada bagian ini. Untuk itu, temukan jawabannya dalam artikel yang berjudul, 7 Hal tentang Kisah Santa Klaus yang perlu Anda Ketahui ini.”

 

Artikel ini mengenai 7 hal tentang Santa Klaus yang perlu diketahui, namun dibuat dalam bentuk atau format tanya jawab. Hal ini karena artikel ini dibuat berdasarkan respon atas pertanyaan pembaca. Berikut penjelasannya.

 

Pertanyaan:

Adakah kisah dan latar belakang Santa Klaus ada di dalam Alkitab? Bagaimana lahirnya kisah atau legenda Santa Klaus dalam sejarah kekristenan atau khususnya pada konteks natal?

 

 

Jawaban Kisah Santa Klaus:

Hadirnya Santa Klaus, mewarnai meriahnya natal di bulan Desember. Berbagai legenda dan kisah tentang tokoh ini pun dikemas dan dipublikasikan melalui media video (film tentang natal), untuk merayakan dan memeriahkan natal atau dengan tujuan meraup untung di momen natal.

Tidak peduli kisahnya adalah fiktif, mistis, dan tidak masuk akal, tetap saja Santa Klaus eksis dalam dunia perfilman, sebab faktanya ada banyak film berbagai versi mengenai sosok yang satu ini, sosok yang menginspirasi kebaikan dan cinta anak-anak. Filmnya ini, eksis setiap tahunnya menjelang hari natal.

Baca juga: Dari Betlehem ke Golgota, Jadilah Murid Kristus Sejati…

Bahkan, natal tidak lengkap rasanya bila tanpa Santa Klaus. Dan kita pun bisa melihat sosok ini di mall-mall, juga ada yang menyelenggarakan event kunjungan Santa Klaus ke rumah-rumah jemaat, sembari membagikan kado natal. Kita juga bisa melihatnya melalui pajangan patung dan aksesori Santa Klaus.

Memang tradisi natal salah satunya ialah kehadiran Santa Klaus yang meramaikan suasana dalam menyambut Natal atau hari kelahiran Tuhan Yesus, yang dirayakan dunia pada setiap tanggal 25 Desember.

Santa Klaus yang juga disebut Sinterklas dikenal dengan berbagai nama di negara-negara lain, seperti Santo Nicholas, Kris Kringle, Father Christmas, Papa Noel, dlsb., juga memiliki berbagai versi cerita atau legenda dari Santa Klaus itu sendiri.

Untuk menjawab pertanyaan, seperti apakah kisah dan latar belakang Santa Klaus apabila ada dalam Alkitab dan seperti apa sejarah hadirnya tokoh ini yang melengkapi kemeriahan natal, berikut penjelasan.

 

1. Adakah Kisah Santa Klaus dalam Alkitab?

Hal yang pertama dalam pembahasan kisah Santa Klaus adalah mengenai adakah tokoh ini dalam Alkitab? Hal ini perlu kita ketahui agar kita bisa menemukan jawaban apakah tokoh ini memang ada atau tidak diceritakan, atau disinggung dalam Alkitab.

Sama seperti tokoh sejarah lainnya, kisah ini tentu terjadi karena munculnya seorang tokoh yang berkesan, berpengaruh dan menginspirasi, yang di kemudian hari dikenang oleh banyak orang karena perbuatannya yang terhormat dan mengagumkan bagi banyak orang.

Baca juga: Natal sebuah Pemberian atau Perayaan? Ini Sikap Seharusnya…

Sosok yang dikenang ini, dikenal baik hati dan menyayangi anak-anak.

Dalam rangka untuk mengenang seorang tokoh tersebut, maka terciptalah tradisi tahun demi tahun, turun temurun hingga saat ini. Namun, karena sosoknya yang begitu menginspirasi, maka kisah Santa Klaus bisa terus berkembang di adopsi dari satu daerah ke daerah lainnya, dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dan muncullah berbagai versi, cerita, atau kisah yang mengangkat atau mengisahkan nilai-nilai positif dari sosok inspiratif tersebut.

Tak bisa dimungkiri Santa Klaus adalah proses sejarah yang terjadi diawali peran seorang tokoh berpengaruh, berkesan, atau menginspirasi sehingga terciptalah sebuah tradisi dari kisah Santa Klaus ini, yang melegenda dan kisahnya menyebar ke seluruh dunia.

Namun, yang pasti tokoh ini tidak ada dalam Alkitab. Kisah dan latar belakang Santa Klaus, tidak termuat atau bahkan tidak disebutkan dalam Alkitab. Dengan kata lain, peran Santa Klaus muncul tidak di zaman penulisan Alkitab. Kisah atau cerita tokoh Santa Klaus, tidak ada di dalam Alkitab.

Baca juga: 7 MAKNA NATAL ATAU KELAHIRAN KRISTUS DALAM ALKITAB

Hal ini perlu kita ketahui, sebab legenda kisah Santa Klaus cukup membuat makna dan arti natal yang sesungguhnya meredup. Anak-anak tidak diarahkan kepada pengenalan akan maksud dan tujuan Kristus lahir dan mati di atas kayu salib, malah banyak yang terbius dengan kisah ini.

Tidak sedikit anak-anak yang mulai berangan-angan, berfantasi, dan berkhayal mendapat kado atau didatangi oleh Santa Klaus. Bahkan, film-film tentang Santa Klaus menampilkan tokoh ini sebagai tokoh mistis dan membawa kado natal sebagai bentuk jawaban doa anak-anak dalam menantikan natal.

Maka penting sekali untuk menjelaskan fakta, bahwa tokoh ini tidak ada atau tidak pernah disebutkan dalam Alkitab. Dan seharusnya kita pun menjelaskan dengan benar kepada anak-anak akan hal ini, agar anak-anak sejak dini memiliki pemahaman yang benar.

 

 

2. Bagaimana Munculnya Legenda atau Kisah Santa Klaus?

Hal yang kedua dalam pembahasan kisah Santa Klaus adalah mengenai menculnya legenda atau kisah natal yang akhirnya mendunia ini. Hal ini perlu kita ketahui agar kita memiliki pengetahuan secara lengkap mengenai Santa Claus dan bisa menjawab pertanyaan anak-anak.

Baca juga: NATAL MENUNTUN KITA KEPADA-NYA

Menjelang perayaan natal, Santa Klaus lebih sering muncul di tayangan televisi dan pusat perbelanjaan. Pria berkostum merah lengkap dengan jenggot putih panjangnya ini, juga tidak lupa membawa sekarung hadiah untuk dibagi-bagikan.

Tujuan tokoh ini dihadirkan setiap tahunnya selain sudah menjadi tradisi, tentu saja untuk memeriahkan natal yang jatuh setiap tanggal 25 Desember setiap tahunnya.

Legenda Santa Klaus berawal dari kisah seorang tokoh Kristen yang berpengaruh dan menginspirasi dunia di masanya, yakni St. Nicholas. “Sinter Klass” pada akhirnya akan dikorupsi menjadi “Klausa Sancte.”

 

3. Kisah Hidup St. Nicholas

Hal yang ketiga dalam pembahasan kisah Santa Klaus adalah mengenai seperti apa kisah hidup St. Nicholas yang melahirkan legenda atau kisah Santa Kyang mendunia ini.

Santa Klaus sebenarnya nama yang diberikan kepada St. Nicholas, yang merupakan uskup dari Myra di abad ke-4. Ia dikenal sebagai orang yang murah hati dan mau membantu siapa saja. Setelah ia meninggal, kisahnya yang murah hati, tersebar di seluruh dunia.

Baca juga: Fenomena Bintang Betlehem, Jadilah Alat Tuhan…

St. Nicholas terlahir dari keluarga Kristen yang saleh dan kaya raya, pada abad ketiga di Patara, sebuah kota di Asia Kecil. Setelah orang tuanya meninggal, ia menggunakan warisannya untuk menolong orang miskin dan menempuh studi di Biara Sion Kudus, dekat kota Myra.

Di kemudian hari, ia dipercaya menjadi uskup di usia muda.

Ia dikenal di seluruh negeri karena kemurahan hatinya terhadap mereka yang membutuhkan, cintanya untuk anak-anak, dan perhatiannya terhadap pelaut dan kapal.

Meski Nicholas pernah dianiaya, ditangkap, dan dipenjara pada masa Kaisar Romawi Diocletian yang kejam, namun ia tidak pernah menyangkali imannya.

Nicholas menghabiskan sisa hidupnya di Myra untuk memperhatikan orang-orang sakit, merawat yatim piatu, melindungi orang miskin, mempertahankan hak-hak legal orang Yahudi, dan suka memberikan hadiah kepada anak-anak. Nicholas juga secara sembunyi-sembunyi suka memberikan hadiah kepada tiga anak gadis miskin.

Ia pun dikenal sebagai orang yang dermawan, suka membebaskan budak, dan membantu orang yang membutuhkan pertolongan. Nicholas sering disebut juga sebagai santo pelindung Rusia, para pelaut, dan pelindung anak-anak. Kebaikan hatinya tersebut, membuat dirinya menjadi popular.

 

 Baca selanjutnya: Klik NEXT di bawah ini, atau klik DI SINI untuk melanjutkan ke isi artikel berikutnya.

Tinggalkan komentar Anda

Shalom...
Mau curhat? Atau mau bertanya?
Powered by
error: