Hubungi Kami"... jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, ..." (Rm. 14:8)

10 Alasan Mengapa Orang Kristen Merayakan Natal

Alasan Mengapa Orang Kristen Merayakan Natal
Via img: https://www.thestar.com

Fokus HidupSeberapa pentingkah natal bagi orang Kristen? Bagaimana orang Kristen menyikapi natal? Apa sajakah alasan orang Kristen perlu merayakan natal? Simak dengan seksama artikel yang berjudul “10 Alasan Mengapa Orang Kristen Merayakan Natal” ini.

 

Semarak dan gempita Natal sangatlah mempesona dari tahun ke tahun dan pada dasarnya telah bergeser dari makna yang sebenarnya. Banyak orang ikut merayakan natal hanya dengan semaraknya saja, tanpa memaknai dengan benar.

Awal peristiwa natal ini, tentu sangat mengagumkan dengan makna yang dalam di mana lahirnya Sang Juruselamat. Malaikat di sorga dan para gembala begitu gembira menyambut kelahiran-Nya. Tidak ketinggalan, orang Majus pun rela menempuh jarak yang panjang dan melelahkan hanya untuk bertemu dan mempersembahkan yang terbaik kepada Sang Raja kekal.

Baca juga: 3 CARA MENGALAMI TUNTUNAN TUHAN, PENTING DISIMAK…

Kabar sukacita ini, patut disambut dengan gempita dan suasana sorgawi, sebab Dia Allah rela menjadi manusia, lahir di kandang hina, hanya untuk manusia berdosa.

Tidak hanya di zaman gereja mula-mula merayakan natal, meski dalam keadaan tidak semarak sekarang, peristiwa hebat ini, oleh campur tangan Tuhan, di abad ke-4 disahkan menjadi peristiwa penting bagi dunia. Bahkan dunia internasional mengakui sebagai perayaan inti bagi agama Kristen dan menandai sebagai hari libur internasional.

Jangankan orang Kristen di zaman itu, kita pun pasti akan senang dan menyambut kelahiran Kristus dengan meriah, sebab keselamatan telah datang kepada dunia, kepada kita. Sebuah anugerah besar atas kelahiran Kristus, bagi kita, sebab kita bangsa kafir akhirnya boleh berkesempatan menjadi anak Allah dan menjadi serupa dengan Kristus.

Kendati demikian, tidak semua interdenominasi gereja menerima hal seperti ini dan menolak merayakan natal dengan berbagai alasan yang didalilkannya. Akan tetapi, tetap saja mereka tidak bisa menolak bahwa ada kabar sukacita, Tuhan Yesus Sang Raja dan Juruselamat dunia  telah lahir 2000 tahun yang lalu.

Kabar sukacita kelahiran Kristus inilah yang akhirnya mendorong dan mengingatkan dunia bahwa natal adalah peristiwa penting bagi dunia dan patut diperingati oleh orang percaya di seluruh dunia.

Baca juga: Bom Di Malam Natal, Kisah Sang Pahlawan Kemanusiaan

Salah jika orang Kristen merayakan natal? Tentu saja tidak. Ada banyak alasan bagi kita orang Kristen terdorong dan terpanggil untuk merayakan natal. Apa sajakah alasannya mengapa orang Kristen merayakan natal? Paling tidak ada 10 alasan kuat mengapa orang Kristen merayakan natal. Berikut ini penjelasannya.

 

 

1. Natal Telah Menjadi Peristiwa Penting dalam Sejarah maupun Iman Kristen

Alasan mengapa orang Kristen merayakan natal, sebab tak bisa dipungkiri natal telah menjadi peristiwa penting dalam sejarah dunia maupun iman Kristen, yang patut disambut meriah dan dirayakan dengan secara benar sesuai makna dan arti natal yang sesungguhnya.

Natal merupakan peristiwa penting dalam kekristenan dan telah menjadi tradisi sebuah perayaan turun temurun bagi sebagian besar denominasi gereja Kristen. Pada puncaknya yang jatuh pada tanggal 24 Desember malam dan 25 Desember setiap tahunnya, banyak gereja yang merayakan natal.

Tidak hanya pada hari H-nya, yakni pada tanggal 25 Desember, setiap tahunnya di sepanjang bulan Desember hingga bulan Januari, gereja-gereja disibukkan dengan berbagai kegiatan perayaan natal.

Baca juga: Fenomena Bintang Betlehem, Jadilah Alat Tuhan…

Baik natal umum dari gereja tersebut, hingga komisi-komisi, wilayah-wilayah, bahkan youth dan Sekolah Minggu pun tak ketinggalan. Termasuk persekutuan doa, persekutuan kantor, sekolah, kampus, lingkungan tempat tinggal, komunitas-komunitas Kristen, hingga pemerintah pun mengadakan ibadah Natal.

Loading...

Tanggapan Anda:

error: