Hubungi Kami"... jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, ..." (Rm. 14:8)

7 Pahlawan Iman dalam Alkitab

Via img: https://www.kesaksian.org/

Fokus Hidup“Apa yang dimaksud pahlawan iman? Siapa saja pahlawan iman menurut Alkitab? Simak artikel berjudul 7 Pahlawan Iman dalam Alkitab yang Perlu Diketahui ini.”

Gelar pahlawan tentunya tidak bisa sembarang disematkan kepada semua orang. Tentu, hanya kepada mereka yang telah berjasa dan berjuang dengan penuh pengorbanan sehingga layak disebut atau diangkat sebagai pahlawan.

Perjuangan yang disertai pengorbanan besar baik dalam keluarga, bangsa, atau kelompok, layak disebut sebagai pahlawan. Entah sebagai pahlawan dalam keluarga, bangsa, ataupun suatu kelompok, nilai pengorbanan mereka tentu setara dengan risiko nyawa yang mengancam dan kehidupan berdampak.

Berbicara tentang pahlawan, tidak hanya dalam keluarga, bangsa dan negara, atau suatu kelompok, juga ada dalam Alkitab. Mereka yang telah memperlihatkan pengorbanan besar akan iman mereka kepada Tuhan, merekalah yang layak disebut sebagai pahlawan iman.

Siapa sajakah yang layak disebut sebagai pahlawan iman dalam Alkitab? Tentu semua tokoh Alkitab yang hidup taat kepada Tuhan adalah sebagai pahlawan. Namun, dalam tulisan ini, hanya membahas 7 pahlawan iman saja yang benar-benar berdampak di kehidupan masa lalu dan masa kini, termasuk berdampak dalam sejarah kekristenan.

Kategori pahlawan iman dalam artikel ini, lebih jelasnya adalah mereka yang memiliki nilai pengorbanan yang tinggi terhadap imannya. Dan iman yang mereka miliki ini, didasari ketaatan yang penuh kepada Tuhan. Sehingga berdampak bagi bangsanya (bangsa Israel), sejarah kekristenan, dan terutama bagi dunia.

Siapa sajakah mereka? Berikut ini penjelasan mengenai 7 pahlawan iman dalam Alkitab dalam kategori berdampak di masa lalu dan kini, dan dalam sejarah kekristenan, maupun dunia.

1. Pahlawan iman dalam Alkitab adalah Nuh

Pahlawan iman dalam Alkitab yang pertama, yang berdampak bagi bangsanya, sejarah kekristenan, dan dunia ialah Nuh. Bila kita menelusuri awal sejarah manusia atau manusia pertama tentu tidak terlepas dari Adam dan Hawa

 Namun, kisah mereka sampai kepada Nuh, hanyalah terpaut dengan sejarahnya saja. Dan ada juga sebagian tokoh sebelum Nuh, yang bisa diteladani iman mereka. Meski demikian, tetap saja sejarah baru manusia dimulai dari Nuh.

Kisah Nuh dalam Alkitab sangat bersejarah dan terkait dengan perjanjian awal manusia dengan Tuhan sejak pemusnahan atau kiamat pertama dunia melalui peristiwa air bah. Harga yang dibayar Nuh atas ketaatan kepada Tuhan tidaklah murah.

Hidup di antara suatu bangsa atau penduduk yang berbeda pemikiran, tidaklah mudah. Apalagi pola atau cara hidupnya yang sangat berbeda. Tidak hanya cacian, cercaan, dan penghinaan diterima, tentu saja ia kurang mendapat penghornatan dari masyarakat setempat.

Faktanya, pewartaannya akan keselamatan dari air bah, tidak direspon dan mungkin ia dianggap kurang waras. Berada di lingkungan seperti itu, siapa saja bisa stress dan berpaling dari Tuhan, tetapi berbeda dengan Nuh. Ia tetap konsisten dalam ketaatannya kepada Tuhan. Ketika Tuhan menyuruhnya membuat perahu dalam masa waktu yang panjang, Nuh tetap taat.

Ketaatan Nuh melahirkan sejarah baru bagi banyak bangsa, termasuk Israel. Juga tidak terlepas dari sejarah kekristenan di dunia. Bahkan bagi dunia hingga saat ini. Bayangkan bila Tuhan tidak pernah mengadakan perjanjian dengan Nuh bahwa tidak akan lagi kiamat melalui air bah (Kej. 9). Bayangkan bila Nuh meragukan Tuhan, maka sejarah keturunan Adam dan Hawa terhenti. Bahkan semua binatang di bumi pun habis lenyap.

Sejarah baru manusia dimulai dari Nuh. Dan keturunan bangsa-bangsa pun tidak lepas dari Nuh. Dialah kakek buyut atau asal muasal sejarah baru manusia selain Adam dan Hawa.

Kisah imannya tidak hanya berdampak bagi bangsa Israel, juga bagi sejarah kekristenan, dan sejarah dunia. Nuh layak disebut sebagai pahlawan iman yang berdampak luas, termasuk sejarah dunia dan kekristenan. Imannya menginspirasi orang Kristen hingga detik ini.

2. Pahlawan iman dalam Alkitab adalah Abraham

Pahlawan iman dalam Alkitab yang kedua, yang berdampak bagi bangsanya, sejarah kekristenan, dan dunia ialah Abraham. Tokoh kedua yang layak disebut dengan pahlawan iman, tentu adalah Abraham, Bapa orang percaya.

Kisah dan perjuangan iman Abraham adalah perjalanan panjang yang berliku. Di awal imannya, bukan hal mudah bagi Abraham untuk meninggalkan Ur Kasdim tanah kelahirannya, dan menuju suatu negeri yang tidak diketahui keberadaan wilayah tersebut. Modal awal dari Abraham adalah iman yang diperlihatkan melalui ketaatan. Ia taat ketika Tuhan memintanya untuk keluar dari negeri nenek moyang.

Dan klimaksnya dari ketaatannya ialah ia membuktikan bahwa ia rela kehilangan segala sesuatu demi imannya. Buktinya, ia rela mempersembahkan Ishak yang dikasihinya, demi perkenanannya kepada Tuhan.

Iman Abraham kepada Tuhan bersifat total. Hal itu terlihat dari relanya ia kehilangan hal yang sangat berharga demi berkenan di hadapan Tuhan.

Dari Abrahamlah lahir suatu bangsa besar yang spesial di mata Tuhan, dibanding dengan bangsa lain. Nenek moyang bangsa Israel tentu adalah Abraham.

Keberadaan Abraham sebagai pahlawan iman tidak hanya berdampak bagi bangsa Israel, juga bagi sejarah kekristenan, dan bagi dunia. Terutama lahirnya tiga agama besar dunia, yakni agama Yahudi, Islam, dan Kristen.

3. Pahlawan iman dalam Alkitab ialah Daud

Pahlawan iman dalam Alkitab yang ketiga, yang berdampak bagi bangsanya, sejarah kekristenan, dan dunia ialah Daud.

Ketaatan Daud kepada Tuhan tidaklah diragukan. Awal kariernya menuju takhta adalah melawan Goliath. Di sinilah peran iman Daud terlihat. Ia membuktikan kepada bangsanya bahwa Allah Abraham, Ishak, dan Yakub adalah Allah yang hidup dan pembela bagi bangsanya.

Perjalanannya menuju takhta, jelas adalah campur tangan Tuhan yang ia peroleh dari ketaatannya kepada Tuhan. Sering ia mengalami berbagai persoalan termasuk pengkhianatan anak kandungnya, namun ia tidak melepaskan Tuhan dan berpegang kepada-Nya.

Dialah yang membuat kerajaan Israel berdiri kokoh di masanya dan di masa Salomo, dan dikenal dunia. Hingga kini Israel kental dan tidak terlepas dari peran Daud. Bahkan lambang bangsa Israel adalah bintang Daud. Keberadaannya berdampak besar bagi bangsanya dan bangsa sekitar semasa ia hidup.

Juga Daud masuk dalam kategori sebagai pahlawan iman berdampak dalam sejarah kekristenan, dan dunia. Daud meninggalkan kisah keteladanan iman yang luar biasa.

4. Pahlawan iman dalam Alkitab ialah Maria Ibu Yesus

Pahlawan iman dalam Alkitab yang keempat, yang berdampak bagi sejarah kekristenan, dan dunia ialah Maria Ibu Yesus.

Tokoh iman yang satu ini tidak memiliki kedudukan, jabatan, atau bentuk kehormatan lainnya. Ia hanyalah seorang wanita yang sederhana namun imannya luar biasa, ia hidup takut akan Tuhan.

Maria tunduk pada kehendak Tuhan, ketika malaikat membawa kabar bahwa ia akan mengandung seorang Anak (Luk. 1:26-38). Bukan hal mudah bagi Maria untuk menghadapi kenyataan ini, bahwa ia mengandung diluar nikah. Hal ini bisa dianggap zinah dan hukumannya adalah di razam batu. Namun ia tetap taat meski nyawa terancam.

Ketaatan imannya ini, layak dikategorikan sebagai pahlawan iman. Keputusannya untuk taat kepada Tuhan bukan tanpa risiko. Karena itu Maria layak disebut sebagai pahlawan iman yang berdampak bagi bangsanya, sejarah kekristenan, dan bagi dunia.

Mengapa harus Maria bukan wanita lain? Tentu karena Tuhan melihat hati dan ketaatan Maria. Ia bersedia menjadi alat Tuhan dan begitu mengasihi Tuhan sehingga tidak lagi memikirkan harga dirinya. Ia menempatkan Tuhan di atas segalanya dibandingkan apapun.

5. Pahlawan Iman dalam Alkitab adalah Tuhan Yesus

Pahlawan iman dalam Alkitab yang kelima, yang berdampak bagi bangsa, sejarah kekristenan, dan dunia ialah Tuhan Yesus.

Penghormatan yang sangat tinggi layak kita sematkan kepada Tuhan Yesus, sebab perjuangan-Nya menebus dosa manusia sangat luar biasa. Dia meninggalkan takhta-Nya dan mati di atas kayu salib demi kasih-Nya kepada dunia. Kristuslah pahlawan iman yang sejati.

Selain Yesus adalah Tuhan, ia juga yang turun menjadi Anak Manusia dan menjadikan diri-Nya sebagai sstu-satunya korban keselamatan dan penebusan. Kita tidak hanya meneladani iman-Nya, juga menjadi serupa dengan Dia (Rm. 8:29; 2 Korintus 3:18).

Tuhan Yesus adalah satu-aatunya Juruselamat dunia. Dialah yang memberikan keselamatan kekal bagi manusia, melalui percaya kepada-Nya dan hidup dalam ketaatan iman. Dialah pahlawan iman bagi orang percaya dan seluruh umat di bumi. Sebab oleh Dialah lahir kekristenan dan keselamatan bagi dunia. Setiap orang berkesempatan menjadi Keluarga Kerajaan Allah, bila melepaskan segala sesuatu demi Kristus dan berjuang untuk menjadi serupa dengan Kristus.

6. Paulus

Pahlawan iman dalam Alkitab yang keenam, yang berdampak bagi bangsa, sejarah kekristenan, dan dunia ialah Paulus.

Salah satu tokoh iman Alkitab dalam Perjanjian Baru (PB), yang menonjol dan tulisan-tulisannya masuk kategori Alkitab PB ini, rela kehilangan segalanya demi kekekalan.

Perjalanan iman Paulus tidaklah mudah. Berbagai pengalaman menyedihkan dialaminya dalam pemberitaan Alkitab. Namun fokusnya adalah Kristus dimuliakan di dalam hidupnya.

Hal ini tidaklah mudah dan Paulus melewati berbagai kerikil-kerikil tajam, sering mengalami tekanan, dan rela menderita melayani Tuhan.

Mantan pembunuh orang Kristen ini, berjuang penuh untuk dapat mengakhiri pertandingan dengan baik. Dampak pelayanan dan pengetahuan iman yang dimikinya, bukan hanya bagi gereja mula-mula. Juga bagi seluruh orang Kristen di dunia.

7. Yohanes

Pahlawan iman dalam Alkitab yang terakhir, yang berdampak bagi bangsanya, sejarah kekristenan, dan dunia ialah Yohanes.

Yohanes adalah salah satu murid Tuhan Yesus. Ia disebut dalam Alkitab sebagai murid yang dikasihi-Nya, mungkin karena kedekatannya dengan Tuhan Yesus.

Seorang yang ambisius dan melankolis ini, yang awalnya bersama Yakobus saudaranya ingin mendapat tempat istimewa atau hulubalang Tuhan Yesus, mengalami perubahan karakter dan setia hingga akhir.

Hebatnya, Yohaneslah yang dipercayakan Tuhan untuk menulis Kitab Wahyu, yakni kitab berisi tentang eskatologis atau akhir zaman. Di dalamnya tersirat mengenai kehidupan kekal.

Dialah yang digoreng hidup-hidup namun masih bertahan hidup, hingga dibuang ke pulau Patmos. Yohanes jugalah satu-satunya murid Tuhan Yesus yang meninggal di usia tua.

Selain Paulus, Yohanes adalah penulis PB terbanyak yang kedua. Tulisannya adalah Injil Yohanes, Surat 1 – 3 Yohanes, dan kitab Wahyu.

Layaklah Yohanes disebut pahlawan iman bagi dunia, karena pelayanannya meluas dan berdampak bagi dunia. Yohanes tidak hanya berdampak di masa hidupnya, bahkan tulisannya yang bernilai abadi, berdampak bagi kekristenan dan bagi dunia.

Itulah 7 pahlawan iman dalam Alkitab yang berdampak bagi bangsa, sejarah kekristenan, dan bagi dunia.

Memang semua tokoh Alkitab yang takut akan Tuhan adalah pahlawan iman. Namun tokoh yang dikategorikan dalam tulisan ini adalah pahlawan iman yang berdampak bagi bangsa, sejarah kekristenan, dan dunia.

Kiranya tulisan ini menjadi berkat bagi para pembaca dan tersemangatkan untuk menjadi pahlawan iman berikutnya.

Jika Anda merasa diberkati dengan Artikel berjudul, “7 Pahlawan Iman dalam Alkitab yang Perlu Diketahui” ini, bagikanlah artikel ini kepada sahabat, keluarga, dan rekan-rekan Anda.

Jangan lupa, Like (Sukai) Fanspage Facebook Fokus Hidup yang ada di situs ini atau klik DI SINI untuk mendapatkan info-info terbaru dari fokushidup.com.

Mari bergabung juga dengan grup Facebook Fokus Hidup dengan cara klik DI SINI. Silahkan tinggalkan komentar Anda, bila ingin menanggapi, bertanya, ataupun memberikan saran dan kritik.

Jangan berhenti di tangan Anda, tetapi bagikanlah artikel 7 Pahlawan Iman dalam Alkitab yang Perlu Diketahui ini, melalui sosial media (Facebook, Twitter, Linkedin, dll.) Anda. Sebab dengan demikian, Anda juga sudah berpartisipasi dalam mengajarkan kebenaran Alkitab. Selain itu, teruslah bertekun dalam Kristus. Tuhan Yesus Memberkati …!!!

Kunjungi beberapa artikel di bawah ini yang menguatkan iman Saudara!

Tanggapan Anda:

error: