Hubungi Kami"... jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, ..." (Rm. 14:8)

ALASAN MANUSIA SALING BERSAING, PENTING DISIMAK …

Alasan Manusia Saling Bersaing
Via img: https://www.inc.com

Fokus Hidup“Pembahasan  dalam forum tanya jawab berikut ini adalah mengenai mengapa manusia saling bersaing. Untuk itu, temukan jawabannya dalam artikel tanya jawab yang berjudul, Alasan Manusia Saling Bersaing, Penting Disimak … ini.”

 

 

Pertanyaan:

Saya sering melihat persaingan yang tidak sehat banyak terjadi, baik di pekerjaan, di lingkungan, dan di berbagai tempat lainnya. Yang menjadi pertanyaan ialah mengapa manusia saling bersaing?

 

 

Jawaban Alasan Manusia Saling Bersaing:

Persaingan terjadi karena di dalam hidupnya manusia ingin mendapatkan yang terbaik serta menjadi yang pertama dalam segala hal.

Persaingan dalam Alkitab di mulai dari Kain dan Habel dalam memberikan persembahan kepada Tuhan. Memang Habel mempersembahkan kepada Tuhan tanpa ada maksud untuk bersaing dengan Kain, tetapi persembahan Habel yang menyenangkan hati Tuhan membuat Kain panas hati (Kej 4:4-6).

Baca juga: Agar Fokus Berdoa kepada Tuhan Setiap Saat

Kemungkinan Kain beranggapan bahwa hal itu merupakan sebuah persaingan antara ia dan Habel sehingga maksud pemberian itu agar Tuhan mengindahkannya, tetapi malah Tuhan mengindahkan persembahan Habel.

Persaingan dapat menimbulkan kemarahan, iri hati, dendam, kebencian, bahkan berakhir pada pembunuhan apabila seseorang tidak berjiwa besar menerima kegagalan atau kekalahan, seperti halnya yang dilakukan oleh Kain yang dikuasai kemarahan hingga ia membunuh Habel (Kej 4:8).

Sebenarnya persaingan itu sendiri adalah wajar dan manusiawi.

Sebagai contoh, untuk masuk PNS, yang dibutuhkan misalnya hanya seribu orang tetapi yang mendaftar seratus ribu orang. Untuk itu mereka harus bersaing secara sehat dengan mengikuti tes yang diberikan, siapa yang dapat nilai tertinggi maka itulah yang menang.

Contoh lainnya, dalam berbisnis harus memiliki modal, strategi, dan pangsa pasar agar bisnisnya sukses di tengah bisnis yang sama dengannya. Begitu juga dalam sebuah perlombaan, setiap peserta harus berusaha keras untuk memperjuangkan kemenangan.

Ada yang menang, juga ada yang kalah! Seperti itulah persaingan atau sebuah kompetisi, diperlukan hati yang ikhlas untuk menerima kegagalan.

Tetapi persaingan menjadi tidak sehat jika kita memakai cara-cara yang tidak baik, seperti menyuap, menipu, menjelek-jelekkan lawan, atau berlaku curang. Sebagian orang menempuh cara-cara yang kotor agar menang dalam persaingan.

Jadi mau tidak mau, suka tidak suka, kita akan diperhadapkan pada persaingan selama kita ada di dunia ini.

Untuk itu kita harus memperlengkapi diri dengan belajar dan menguasai satu keahlian tertentu sehingga kita bisa menang dalam persaingan tersebut serta mendapatkan yang terbaik dalam hidup kita.

Tentu saja hal ini kita lakukan dengan selalu mengandalkan Tuhan dalam hidup kita.

Jika kita mengalami kegagalan, bangkit lagi dan teruslah belajar sebab kegagalan adalah hal biasa yang akan membawa kepada keberhasilan. Hadapilah segala persaingan atau kompetisi dengan cara yang sehat dan hiduplah takut akan Tuhan.

Baca juga: KATA ALKITAB TENTANG JODOH, INI 3 KRITERIA JODOH KRISTEN…

Dalam dunia rohani, sejatinya kita tidak sedang berkompetisi dengan rekan pelayanan di gereja atau dengan sesama kita, tidak juga dengan Iblis sebab Iblis tidak sedang bersaing dengan kita untuk memenangkan pertandingan rohani.

Ia hanya ingin kita gagal dan tidak memperoleh janji Tuhan.

Kita tidak sedang bersaing dengan siapa pun! Karena itu jangan jadikan teman sepelayanan atau rekan kerja sebagai pesaing kita. Perlombaan kita sejatinya adalah penguasaan diri.

Kita harus menguasai diri agar tidak terpancing emosi dan beranggapan orang sekitar adalah pesaing kita.

Selain itu, kita harus menguasai diri agar tidak dikuasai ambisi yang berlebihan atau keinginan untuk memperoleh sesuatu dengan cara yang tidak benar.

Di sisi lain, kita harus meningkatkan kemampuan, pengetahuan, skill, strategi, atau kualitas diri agar kita meraih   sukses, berhasil, dan menjadi pemenang rohani.

 

 

Jika Anda merasa diberkati dengan Artikel berjudul, “Alasan Manusia Saling Bersaing, Penting Disimak …” ini, bagikanlah artikel ini kepada sahabat, keluarga, dan rekan-rekan Anda.

Jangan lupa, Like (Sukai) Fanspage Facebook Fokus Hidup yang ada di situs ini atau klik DI SINI untuk mendapatkan info-info terbaru dari fokushidup.com.

Mari bergabung juga dengan grup Facebook Fokus Hidup dengan cara klik DI SINI. Silahkan tinggalkan komentar Anda, bila ingin menanggapi, bertanya, ataupun memberikan saran dan kritik.

Jangan berhenti di tangan Anda, tetapi bagikanlah artikel Alasan Manusia Saling Bersaing, Penting Disimak … ini, melalui sosial media (Facebook, Twitter, Google+, dll.) Anda. Sebab dengan demikian, Anda juga sudah berpartisipasi dalam mengajarkan kebenaran Alkitab. Selain itu, teruslah bertekun dalam Kristus. Tuhan Yesus Memberkati …!!!

 

Kunjungi beberapa artikel di bawah ini yang menguatkan iman Saudara!

 

 

Loading...

Tinggalkan komentar Anda

error:
Shalom...
Mau curhat? Atau mau bertanya?
Powered by