Hubungi Kami"... jika kita hidup, kita hidup untuk Tuhan, ..." (Rm. 14:8)

CIRI ORANG YANG DIPENUHI ROH KUDUS (Efesus 5:18)

ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus
Via Img: https://preaching.org

Fokus Hidup“Apa sajakah ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus? Untuk apa seseorang dipenuhi Roh Kudus? Bagaimana agar memperoleh keberanian, kuasa, dan karunia? Simak Catatan Khotbah berjudul CIRI ORANG YANG DIPENUHI ROH KUDUS (Efesus 5:18) ini.”

 

Pendahuluan

Orang yang percaya kepada Tuhan Yesus dengan sungguh-sungguh, akan ada perbedaan yang sangat jelas dibanding mereka yang tidak percaya.

Seseorang yang telah menjadi percaya dengan segenap hati dan bersedia untuk dibentuk oleh Tuhan akan beroleh penyertaan dari Roh Kudus.

Baca juga: MANFAAT ROH KUDUS BAGI ORANG PERCAYA (Rm. 8:9)

Roh Kudus akan memampukan orang percaya agar hidup selalu terarah dan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Roh Kudus adalah penolong yang diberikan oleh Bapa untuk menyertai orang percaya di segala zaman agar memiliki kehidupan sebagai anak-anak Terang.

Dengan demikian, seseorang yang dipenuhi oleh Roh Kudus memiliki ciri-ciri yang terlihat dengan jelas dari sikap, karakter, dan prinsip hidup.

 

Latar Belakang Nats

Nats ini berisi tentang nasihat -nasihat Paulus agar orang Kristen hidup sebagai anak-anak Terang, sehingga bercahaya bagi dunia

Dalam ayat pertama, Paulus menasehati orang percaya agar menjadi penurut-penurut Allah dan inilah yang dikehendaki oleh Tuhan

Sebagai orang percaya maka kita haruslah Hidup sebagai anak-anak Terang (ay. 13-14). Dan untuk menjadi anak-anak Terang maka kita haruslah:

  • Jangan seperti orang bebal (ay. 15)
  • Menggunakan kesempatan yang Tuhan berikan (ay. 16)
  • Mengerti kehendak Allah (ay. 17)
  • Dipenuhi Roh (ay. 18)
  • Pujilah Tuhan dengan segenap hati (ay. 19)
  • Ucap syukur (ay. 20)
  • Kerendahan hati (ay. 21)
  • Pada ayat 18, orang percaya janganlah mabuk oleh anggur sebab menimbulkan hawa nafsu. Tentu orang yang membiarkan dirinya dikuasai oleh hawa nafsu, tidak akan mengalami pimpinan Roh.
  • Sebaliknya, orang percaya harus penuh dengan Roh.
  • Orang yang penuh dengan Roh adalah orang yang hidupnya dipimpin oleh Roh (Gal. 5:22) dan akan menghasilkan buah Roh.
  • Seperti apa orang yang penuh dengan Roh itu?

 

Kalimat Kunci

Orang percaya yang dipenuhi oleh Roh Kudus akan terlihat dari kehidupannya sehari-hari atau akan ada ciri-ciri yang nampak bila seseorang dipenuhi Roh Kudus!

Baca juga: TUJUAN TUHAN YESUS NAIK KE SORGA (Luk. 24:50-53)

 

Kalimat Pertanyaan

Apa sajakah ciri-ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus? Atau seperti apa model orang yang dipenuhi Roh Kudus?

 

Kalimat Peralihan

Jika kita membaca Alkitab dengan seksama, maka paling tidak kita akan melihat 3 ciri-ciri yang Nampak bila seseorang dipenuhi Roh Kudus.

 

Bagian-bagian Pokok

  1. Ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus ialah Memiliki Keberanian (Kis. 2:14)
  2. Ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus ialah Memiliki Kuasa (Kis. 1:8)
  3. Ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus ialah Memiliki Karunia (1 Kor. 12:7-11)

 

Tujuan Khotbah:

Sepulangnya dari tempat ini, kita menjadi orang-orang yang memperlihatkan ciri-ciri yang jelas sebagai anak Terang atau orang yang dipenuhi Roh Kudus

 

Bagian-Bagian Pokok Ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus:

1. Ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus ialah Memiliki keberanian (Kis. 2:14)

Murid-murid Tuhan Yesus sebelum Tuhan Yesus bangkit mengalami ketakutan dan kebanyakan kembali ke profesi yang semula.

Di antaranya ada rasul Petrus yang awalnya terlihat berani, namun mengalami ketakutan setelah Tuhan Yesus tertangkap. Ketakutannya terlihat pada saat ia menyangkal Tuhan Yesus.

Namun setelah dipenuhi Roh Kudus, Petrus yang penakut dan pernah menyangkal Tuhan Yesus, justru berbalik 180 derajat.

Justru dialah orang pertama yang tampil dan memberitakan Injil kepada orang sekitar pada saat itu, yang menyatakan bahwa Yesus yang telah dibunuh itu adalah Tuhan dan Juruselamat. Petrus penuai rohani yang pertama.

Petrus memiliki keberanian ketika dipenuhi Roh Kudus dan tidak hanya Petrus, para murid juga begitu berani memberitakan Injil meski nyawa menjadi taruhan.

Baca juga: 7 MAKNA KENAIKAN TUHAN YESUS KE SORGA

Inilah ciri pertama seseorang yang dipenuhi oleh Roh Kudus, yakni memiliki keberanian yang teguh untuk memberitakan Injil atau memperluas Kerajaan Allah.

Keberanian di sini tentunya tidak bisa diukur dari kasad mata di mana ia berani memberitakan Injil kepada siapa saja, melainkan juga terlihat dari keberaniannya untuk memilih cara hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan.

Keberanian di sini juga, berbicara tentang siap diutus atau melayani Tuhan apapun resikonya serta rela berkorban.

Milikilah keberanian yang teguh di dalam kita mengikut Tuhan. Keberanian apa saja yang harus kita miliki?

  • Berani meninggalkan kehidupan lama yang dikuasai oleh dosa
  • Berani menderita bagi Kristus dan tidak kompromi dengan dosa
  • Berani untuk tampil menjadi saksi Kristus baik melalui perkataan maupun perbuatan
  • Berani untuk setia kepada Tuhan dan mengikut Dia sampai seumur hidup kita
  • Roh Kudus itu memberikan keberanian kepada kita bukan roh ketakutan (2 Tim 1:7)
  • Hiduplah dipenuhi oleh Roh Kudus atau biarkanlah diri kita dipimpin oleh Roh Kudus, sehingga kita memiliki keberanian bersaksi dan menghadapi berbagai tantangan hidup ini.
  • Seseorang yang memiliki keberanian bersaksi dan maju di dalam Tuhan meski berbagai rintangan menghadang adalah seseorang yang memiliki ciri yang dipenuhi oleh Roh.

 

2. Ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus ialah Memiliki Kuasa (Kis. 1:8)

Orang percaya diberikan kuasa dari Tuhan dalam mengemban Amanat Agung, yakni dalam tugas menjadi saksi Kristus.

Kata ‘kuasa’ (Yun: dunamis) bukanlah sekadar kekuatan atau kemampuan. Istilah ini khusus menunjuk kepada kuasa yang bekerja dan yang bertindak.

Lukas (dalam Injilnya dan dalam Kisah Para Rasul) menekankan bahwa kuasa Roh Kudus termasuk kekuasaan untuk mengusir roh-roh jahat dan urapan untuk menyembuhkan orang sakit sebagai kedua tanda penting yang menyertai pemberitaan Kerajaan Allah (mis. Luk 4:14,18,36; 5:17Luk 6:19Luk 9:1-2Kis 6:8; 8:4-8,12-13; 10:38; 14:3; 19:8-12).

Kuasa seperti apa yang akan kita terima? Dalam Markus 16:17-18 dijelaskan bahwa akan mengusir setan-setan, berbahasa Roh, tidak mendapat celaka meski memegang ular dan meminum racun maut, dan dapat menyembuhkan orang sakit.

Akan tetapi, “kuasa” dari Roh Kudus tidak akan dialami oleh orang Kristen yang hidupnya tidak berkenan kepada Tuhan dan yang tidak mengemban misi menjadi Saksi Kristus.

Baca juga: 7 MAKNA KEMATIAN KRISTUS BAGI UMAT MANUSIA

Mengapa ada banyak orang percaya dapat mengalami kuasa mujizat dan pertolongan Tuhan? Sebab mereka memberikan hidupnya untuk melayani Tuhan dan menjadi saksi Kristus sehingga Tuhan menyertai pelayanan mereka dengan tanda-tanda dapat mengusir setan dan menyembuhkan orang sakit.

Salahnya, ada banyak orang Kristen mencari Tuhan untuk beroleh mujizat kesembuhan dan keluar dari permasalahan hidup. Tuhan bukan tujuannya, melainkan agar terlepas dari persoalan jasmani semata.

Contoh orang yang dipakai Tuhan dengan hidup diluar tokoh Alkitab adalah Smith Wiglesworth yang telah membangkitkan 23 orang mati.

Roh Kudus memberikan kuasa sebagai pelengkap atau sarana pelayanan dan bukti penyertaan Tuhan bahwa Ia menyertai kita ketika kita hidup bagi Dia dan menjadi saksi bagi Kristus.

Orang Kristen yang tidak memiliki motivasi hidup untuk menjadi saksi Kristus, tidak akan pernah mengalami kuasa Roh Kudus.

Ingatlah bahwa kita memiliki kuasa Roh Kudus dalam mengemban misi untuk menjadi saksi Kristus bagi sekitar.

Ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus, yang kedua ialah orang tersebut memiliki kuasa.

Kuasa di sini tidak selamanya yang bersifat spektakuler, mengherankan, dan dahsyat, tetapi juga seseorang yang bisa bertahan dalam penderitaan untuk mengikut Tuhan, itulah kuasa yang diberikan oleh Roh Kudus untuk memampukan kita menghadapi gelapnya dunia.

Kuasa di sini juga mengandung pengertian bahwa Tuhan tidak akan pernah meninggalkan orang percaya dan menyertai-Nya selama-lamanya.

Dimana pun kita berada, ketahuilah Tuhan menyertai kita, memampukan kita, serta menjadikan kita saksi Kristus.

Karena itu jangan kita terfokus kepada persoalan kita melainkan terfokuslah pada kehendak Tuhan. Lakukan apa yang Ia kehendaki dan jadilah saksi Kristus melalui kehidupan kita sehari-hari.

Bagaimana beroleh kuasa Roh Kudus? Efesus 6:10-18, tetaplah kuat di dalam Tuhan dan gunakanlah senajata Allah (Ef. 6:14-18).

 

3. Ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus ialah Memiliki Karunia (1 Kor. 12:7-11)

Seseorang yang menjadi percaya kepada Roh Kudus akan mengalami “baptisan” Roh Kudus dalam perjalanan imannya.

Ukuran seseorang mengalami baptisan Roh adalah ia memiliki atau diberikan karunia dari Roh Kudus seperti berkata-kata dengan hikmat dan pengetahuan, karunia iman dan menyembuhkan, mengadakan mujizat, bernubuat dan membedakan bermacam-macam roh, dan berbahasa roh serta menafsirkannya.

Setiap orang memiliki minimal 1 karunia dan tidak selamanya semua orang Kristen harus berbahasa roh. Bahasa roh hanyalah salah satu karunia dan hanya Roh Kudus yang berhak memberikan kepada seseorang atau tidak (ay. 11)

Rasul Paulus sendiri menganjurkan orang percaya untuk berusaha memperoleh karunia (ay. 31), tentu melalui bertekun dalam iman.

Namun di atas karunia, ada hal yang lebih penting dari sekadar karunia dan Paulus mengistilahkan “jalan yang lebih utama”.

Jalan yang lebih utama yang dimaksud Paulus adalah karakter kasih yang harus dimiliki oleh orang Kristen.

Baca juga: 7 FAKTA TUHAN YESUS MATI PADA HARI JUMAT

Paulus menjelaskan, sia-sialah orang yang memiliki karunia yang hebat sekalipun bila tanpa memiliki kasih (1 Kor. 13:1-3) yang mewarnai dunia ini.

Kasih itu sangat penting dibanding karunia karena itu Paulus menganjurkan kita agar “kejarlah kasih” itu, yang artinya milikilah dan praktekkan kehidupan atau karakter kasih kepada sekitar kita (1 Kor 14:1).

Namun tentu Paulus juga menganjurkan kita agar berusaha memperoleh karunia. Mengapa? Sebab setiap orang dapat beroleh karunia sesuai yang dikehendaki Roh Kudus untuk membangun tubuh Kristus.

Jelaslah, ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus ialah memiliki karunia. Sebab karunia itu sebagai pelengkap bagi orang percaya agar masing-masing berfungsi sebagai tubuh Kristus untuk kepentingan bersama, yakni mencapai pada kesempurnaan iman.

Mintalah karunia dari Roh Kudus, pergunakanlah untuk kemuliaan nama Tuhan, dan bertekunlah dalam iman sampai kita kembali kepada-Nya.

 

Kesimpulan

Orang yang dipenuhi Roh Kudus memiliki ciri-ciri yang jelas atau terlihat jelas dalam kehidupan keseharian. Seperti apa ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus itu? Minimal ada 3 ciri dipenuhi Roh Kudus, yakni:

  1. Orang yang dipenuhi Roh Kudus, ia terlihat dari memiliki keberanian untuk memberitakan Injil dan keberanian untuk hidup dalam kebenaran Alkitab.
  2. Orang yang dipenuhi Roh Kudus, ia terlihat dari memiliki kuasa yang diperuntukkan dalam mengemban misi Amanat Agung atau tampil menjadi saksi Kristus.
  3. Orang yang dipenuhi Roh Kudus, ia terlihat dari memiliki karunia untuk kepentingan bersama sebagai gereja Tuhan dalam mencapai kesempurnaan iman.

(Dilarang meng-copy dan publish ulang tulisan ini, tanpa seijin penulis)

 

Jika Anda merasa diberkati dengan Artikel berjudul, “CIRI ORANG YANG DIPENUHI ROH KUDUS (Efesus 5:18)” ini, bagikanlah artikel ini kepada sahabat, keluarga, dan rekan-rekan Anda.

Jangan lupa, Like (Sukai) Fanspage Facebook Fokus Hidup yang ada di situs ini atau klik DI SINI untuk mendapatkan info-info terbaru dari fokushidup.com.

Mari bergabung juga dengan grup Facebook Fokus Hidup dengan cara klik DI SINI. Silahkan tinggalkan komentar Anda, bila ingin menanggapi, bertanya, ataupun memberikan saran dan kritik.

Jangan berhenti di tangan Anda, tetapi bagikanlah artikel CIRI ORANG YANG DIPENUHI ROH KUDUS (Efesus 5:18)  ini, melalui sosial media (Facebook, Twitter, Linkedin, dll.) Anda. Sebab dengan demikian, Anda juga sudah berpartisipasi dalam mengajarkan kebenaran Alkitab. Selain itu, teruslah bertekun dalam Kristus. Tuhan Yesus Memberkati …!!!

 

Kunjungi beberapa artikel di bawah ini yang menguatkan iman Saudara!

Tinggalkan komentar Anda

Shalom...
Mau curhat? Atau mau bertanya?
Powered by
error: